Tuesday, March 1, 2022

Tatangan Utama Untuk Turunkan Berat Badan Bagi Pemula

ngan utama menrunkan berat badan bagi pemula

braylapedia.my.id - Tentunya sahabat – sahabat brayla semua ketika menjalani proses menurunkan berat badan pasatilah banyak pantangan yang harus dilalui, dan tentunya itu semua sengat berkaitan dengan kebiasaan kita sehari  - harinya.  Maka dari itu perlu kiranya banyak hal yang perlu diperhatikan demi kelancaran sahabat – sahabat dalam menurunkan berart badan. Berikut hal - hal yang harus sahabat - sahabat perhatikan pada saat diet :

 

1.      Kurangi Porsi Makan

Porsi makan memang perlu di perhatikan, lain halnya dengan porsi makan sebelum kita menjalankan proses diet. Makan yang terlalu banyak akan menimbulkan kenaikan berat badan yang sangat cepat, maka dari itu jika sahabat – sahabat sedang diet kurangi terlebih dahulu porsi makannya, yah sekiranya tidak membuat sahabat – sahabat semua kelaparan dan tidak menyebabkan kekenyangan.

 

2.      Ganti Camilan Dengan Buah Segar

Ngemil memang menjadi suatu kebiasaan, tetapi ngemil yang tidak sehat akan berdampak buruk pada kesehatan dan juga berat badan akan menjadi tidak ideal, maka dari itu perlu kiranya untuk mengganti camilan dengan camilan – camilan yang sehat atau dengan buah – buahan.

 

3.      Makan Tepat Waktu

Makan tepat waktu sangatlah disarankan, dikarenakan hal tersebut dapat memperlancar proses penggilingan makanan dan pembuangan, dan juga demi menjaga kesehatan pada tubuh terutama pada lambung. ketika kita mengabaikan waktu makan kita dan sering telat pada saat makana akan berdampak buruk pada kesehatan dan bahkan akan juga menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat juga.

 

4.      Minum Minimal 3 Liter Dalam Sehari

Air merupakan hal yang terpenting bagi tubuh kita, dikarekana dalam tubuh kita sebagian besar ialah mengandung air. ketika kita kekurangan cairan akan banyak hal buruk yang terjadi denga tubuh kita dan salah satunya yaitu kita akan kekurangan cairan (Dehidrasi), dan daiantaranya lagi kita akan kekurangan konsentrasi. Memenhuhi kebutuhan cairan pada tubuh sangat penting, karena hal ini membantu proses pembersihan kotoran dam tubuh dan memperlancar pembuangan sisa – sisa makanan dalam tubuh kita.

 

5.      Kurangi Pemakaian Gula Dan Garam

Pemakaian Gula dan garam berlebihan akan menimbulah efek yang kurang baik bagi tubuh kita, sebaiknya kurangi pemakaian gula dan garam agar kesehatan kita tetap terjaga.

 

6.      Tidur Jam 10 Malam

Tidur adalah hal yang terpenting, dimana waktu itu digunakan untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh dan menjadikan tubuh vit kembali. Istirahat yang cukup juga menjadikan tubuh kita tidak gampang terserang penyakit, dan juga membantu menstabilkan berat badan, karena istirahat yang cukup dapat membantu organ – organ tubuh bekerja normal seperti biasanya tanpa ada masalah.

 

Berikut Contoh Menu Diet Sederhana Dan Waktunya

06.00 – 08.00      :Oatmeal/Yogurt + Green Tea

10.00                   : Pisang

12.00 – 14.00      : Nasi + Ayam + Sayur

16.00                   : Apel

18.00 – 20.00      : Telur + Kentang / Granola

 

Itulah sedikit tips yang dapat admin bagikan, mudah – mudahan bermanfaat dan bisa membantu, jika rasa artikel ini bermanfaat bagi sahabat - sahabat  tidak ada salahnya untuk bagikan artikel ini kepada teman-taman kalian dan keluarga atau orang yang anda sayangi. Terimakasih, Salam admin.

Friday, February 25, 2022

Ini Dia Kebiasan Sehari - Hari Yang Buat Badan Kamu Gemuk

Braylapedia.my.id - Memiliki tubuh agar tetap ideal memanglah sangat di idam-idamkan oleh banyak orang, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga agar tubuh tetap ideal, dan itu semua ada diaktivias kita sehari – hari. Apa saja itu.? Berikut hal-hal yang harus dihindari agar tubuh tetap ideal dan tidak gemuk :

1.      Melewatkan Sarapan Di Pagi Hari

Sarapan pagi sangatlah banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga membantu tubuh agar tetap ideal. salah satu manfaatnya yaitu  menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh, dimana tubuh sangatlah membutuhkan energi untuk beraktifitas. Layaknya handphone yang kita pake untuk menyala pastilah membutuhkan daya listrik dan itu perlu kita cas, sama halnya tubuh kita juga membutuhkan asupan energy untuk melakukan aktivitas sehari - hari.

Kenapa sangat oenting, karena ketika tidur semalaman perut menjadi kosong, maka dari itu perlu kiranya untuk sarapan.

 

2.      Kebiasaan Ngemil Setelah Makan

Kebiasaan ngemil setelah makan memanglah bukan hal yang terlalu serius, tetapi jika itu dilakukan terus menerus terlebih lagi jika ngemil yang manis akan mengakibatkan kadar gula yang cukup tinggi pada tubuh kita, sehingga hal itu dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi tubuh kita.

 

3.      Selalu Makan Apapaun Yang ada

Kebiasaan selalu makan makanan yang ada tanpa melihat kandungan nutrisi dan lemak dan lainnya pada makanan tersebut dapat berdampak buruk pada tubuh kita dan bisa – bisa menjadikan sumber penyakit pada tubuh kita.

 

4.      Kurang Istirahat (Kurang Tidur)

Tidur adalah dimana tubuh kita sedang beristirahat untuk mengembalikan energy pada tubuh sehingga lancer dalam beraktivitas. Salah satu dampak yang diakibatkan kalo kita kurang tidur adalah resiko kelebihan berat badan (Obesitas).

 

5.      Ngemil Makana Yang Manis

Mengonsumsi makanan manis memang menjadi hal yang mungkin di anggap biasa apalagi dibuat ngemil. Namun hal itu sangatlah tidak bagus untuk kesehatan tubuh jika dilakukan terus menerus. Ini dia beberapa dampak negative yang didapat jika berlebihan mengonsumsi makanan makanan manis :

Ø  Obesitas (Kelebihan Berat Badan)

Ø  Diabetes Tipe 2

Ø  Gampang Terserang Penyakit Jantung

Ø  Mengakibatkan Perut Menjadi Kembung

Ø  Dapat Menimbulkan Masalah Jerawat

Ø  MengakibatkanKerusakan Gigi

Ø  Gampang Terkena Tekanan Darah Darah Tinggi

 

6.      Makan Sambil Menonton TV/Film

Makan sambil menintin TV ternyata akan berdampak buruk pada kesehatan salah satunya yaitu beresiko obesitas. Berikut ini adalah beberapa dampak negative jika makan sambil nonton TV :

Ø  Makan Menjadi Lebih Banyak

Ø  Banyak Makan Junk Food

Ø  Dapat Beresiko Obesitas

Ø  Makan Tidak Akan Berasa Kenyang

 

7.      Suka Minum – minuman Yang Berkalori dan  Mengandundung Gula Yang Cukup Tinggi

Tidak hanya dari makanan saja, ternyata minuman yang mengandung tinggi gula dan kalori juga bisa berdampak buruk pada kesehatan terlebih pada peningkatan berat badan. Minuman – minuman yang mengandung gula dan kalori yang tinggi dapat menimbulkan kenaikan berat badan yagn tidak sehat dengan begitu cepat. Berikut beberapa minuman yang tinggi gula dan kalori yang harus dihindari :

Ø  Jus Buah dan smoothie dengan gula

Ø  Minuman dengan sirup dan krim

Ø  Minuman yang bersoda

Ø  Minuman Berenergy

Ø  Alkohol

 

8.      Kurang Minum Air Putih

Air merupakan salah satu hal yuang terpenting bagi tubuh manusia, karena air merupakan salah satu asupan penting untuk bahan bakar sel, menjaga fungsi sel otak, dan menunjang kinerja organ tubuh. Jika tubuh kita kekurangan minum air putih akan menyebabkan beberapa resiko yaitu : Dehidrasi, tekanan darah menurun, Mual dan Muntah, Gampang kram otot, Sembelit, beresiko terkena penyakit ginjal dan infeksi saluran kencing, Susah berfikir dna gampang sakit kepala, Kulit menjadi kering.

 

9.      Suka Mager / Rebahan

Rebahan ini akan sering dilakukan apalagi pada saat seperti dimana penyakit terus menerus semakin banyak variannya. tetapi jika terlalu banyak rebahan akan berdampak buruk pada kesehatan terutama masalah berat badan. Berikut beberapa dampat negative akibat terlalu sering rebahan :

Ø  Dapat menyebabkan meningkatnya berat badan (Obesitas)

Ø  Beresiko Terserang penyakit jantung

Ø  Mudah terserang stroke

Ø  Dapat bermasalah pada persendian

 

Maka dari itu hindarilah hal-hal diatas agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit dan juga meningkatnya berat badan yang tidak sehat (Obesitas). Mudah – mudahan bermanfaat dan berguna, terimakasih. Salam Admin

Thursday, February 24, 2022

Tentukan Jam Makan Yang Tepat Untuk Tubuh Tetap Ideal

 

Braylapedia.my.id - Menentukan waktu pola makan memanglah sangat penting, karena agar organ pada tubuh bisa memenuhi tugasnya masing – masing dengan gizi yang sudah terpenuhi.  Sehingga hal tersebut dapat membantu kelancaran aktifitas dan kegiatan sehari – sehari. Berikut beberapa waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan agar tubuh tetap ideal dan kesehatan tetap terjaga :

1.      SARAPAN SEBELUM JAM 9 PAGI

Kenapa sarapan begitu penting bagi tubuh kita..? Kerena setelah semalaman tubuh kita beristirahat disitulah perut akan menjadi kosong, jadi itulah alasannya mengapa sarapan sangat dianjurkan. Sarapan merupakan hal yang terpenting bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan energy di siang hari pada saat beraktivitas. Yang diibaratkan seperti kendaraan yang membutuhkan sebuah bahan bakar untuk bisa melaju.

 

Ø  Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan di pagi hari memiliki manfaat tersendiri yang tersimpan, diantaranya yaitu :

·      Membantu tubuh gara terlindungi dari berbagai macam penyakit.

·      Membantu untuk lebih fokus.

·      Bisa membantu menurunkan berat badan.

·      Dapat meningkatkan Mood

·      Memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Ø  Efek Buruk Jika Telat Sarapan

Melewatkan sarapan di pagi hari ternyata dapat menyebabkan hal yang buruk bagi tubuh, karena pada saat semalaman tubuh beristirahat perut kita dalam keadaan kososng. Jadi apa saja hal yang buruk yang akan kita dapati :

·      Akan mudah mengalami perubahan berat badan.

·      Perut akan cepat terasa lapar.

·      Hormon stres akan meningkat.

·      Akan banyak kalori yang terbakar ketika berolahraga.

·      Akan mengakibatkan daya ingat melemah atau cepat pikun.

 

Ø  Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan

Dikutip dari salah satu website yang mebahas tentang kesehatan, dijelaskan bahwa menurut kementrian kesehatan republic Indonesia bahwa berikut inilah beberapa contoh makan sehat yang baik untuk sarapan :

·      Setangkup roti + telur mata sapi + sayuran + susu

·      Nasi goreng + telur dadar + sayuran

·      Bubur ayam + pisangLontong sayur + telur + buah

·      Nasi uduk + ayam goreng + buah

·      Mi goreng + telur + buah

 

2.      NGEMIL YANG SEHAT DI JAM 10 PAGI

Ternyata ngemil juga mempunyai efek yang baik juga tapi sesuai dengan aturannya, agar meskipun ngemil tapi tubuh tetap ideal dengan ngemil camilan yang sehat dan juga bergizi, jangan asal ngemil ya biar tubuh tidak menjadi gemuk dan menjadi tidak sehat.

 

Ø  Manfaat Ngemil Sehat

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat jika ngemil camilan yang sehat :

·      Dapat mengurangi rasa lapar

·      Membantu menjaga gula darah tetap stabil

·      Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh

·      Dapat membantu mengurangi perut keroncongan

·      Membantu tubuh menjadi pulih ketika sudah berolahraga

 

Ø  Faktor Yang Harus Diperhatikan Memilih Camilan Sehat

Ada beberapa faktor yang perlu kiranya untuk diperhatikan untuk memilih ngemil yang sehat yaitu :

·      Biasakan untuk baca informasi nilai gizi di label makanan

·      Hindara makanan yang menggunakan guka sebagai bahan utama

·      membagi porsi camilan seseuai dengan kebutuhan dan simpan sisanya

·      Pilihlah camilan dengan kadar kalori yang bisa memuaskan tubuh

·      Konsumsilah camilan yang rendah akan lemak dengan serat ataupun air yang yang banyak

·      Batasi makanan dan minuman yang mengandung gula

·      konbinasikan karbohidrat dan protein sehingga perut terasa kenyang lebih lama

 

3.      MAKAN SIANG SEBELUM JAM 2 SIANG

Makan siang sangatlah dibutuhkan bagi tubuh ketika tubuh melakukan aktivitas full pada pagi hari. sehingga energy pada tubuh menjadi berkurang. Makan siang memiliki mafaat yang besar bagi kesehatan tubuh dan tingkat kefokusan kita dalam melakukan setiap aktivitas.

 

Ø  Manfaat Makan Siang Tepat Waktu

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat ketika rutin menyempatkan waktu untuk makan siang :

·      Membantu melepas stres ketika bekerja

·      Menjaga sirkulasi darah agar tetap lebih baik

·      Mendapat tambahan vitamin

·      Membantu meningkatkan konsentrasi otak

 

Ø  Efek Tidak Makan Siang

Ada beberapa hal buruk yanga akan kita dapat jika kita mengabaikan untuk makan siang.

·      Melalaikan makan siang dapat menyebabkan akan tubuh kekurangan asupan nutrisi sehingga berat badan cepat menyusut dan bahkan menjadi kurus

·      Metobolisme menjadi terganggu

·      Menyebabkan gangguan pada kinerja otak, sehingga sering merasakan pusing dan tidak fokus

 

Ø  Menu Makan Siang Yang Sehat

            Berikut beberapa menu makan siang sehat yang bisa anda coba :

·      Sup

·      Gado – Gado

·      Nasi Goreng

·      Sayur Asam

·      Pancake

 

4.      NGEMIL CAMILAN SEHAT PAD JAM 4 SORE

      Ngemil merupakan suatu yang waajar, tetapi ketika kita ngemil dalam jumlah yang berlebihan bukan menjadikan tubuh menjadi sehat akan tetapi berdampak buruk pada tubuh kita, alangkah baiknya ngemil secukupnya, dan pilihlah camilan yang rendah akan lemak.

 

5.      MAKAN MALAM SEBELUM JAM 8 MALAM

Waktu yang disarankan untuk makan malam adalah kisaran jam 19.00, atau jam 17.00 – 18.00 sekiranya berjarak 3 jam sebelum tidur. karena pada saat itu tubuh mempunyai banyak waktu untuk mencerna makanan dan menyerap metabolisme dalam tubuh sebelum tidur.

 

Ø  Efek Samping Makan Terlalu Malam

Pada malam hari tubuh manusia akan mengistirahatkan organ - organ guna untuk mempersiapkan diri untuk tidur. Maka dari itu jika mengonsumsi makanan terlalu malam akan mengakibatkan efek yang kurang sehat terhadap tubuh.

·      Berat badan menjadi naik

·      Dapat meningkatkan gula darah

·      mengakibatkan kenaikan asam lambung

 

Ø  Tips Makan Malam Sehat

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk makan malam yang sehat :

·      Selalu konsumsi makan yang sehat dan bergizj

·      Perhatikan dan hindari makanan yang mempengaruhi asam lambung naik

·      Makanlah dengan porsi yang sesuai

·      Hindarilah makan sambil nonton TV

Mudah - mudahan bermanfaat bagi sahabat - sahabat semua terlebih lagi bagi sahabat -sahabat yang sedang menjaga tubuh tetap ideal atau sedang menjalani proses diet. Salam Admin..