Tuesday, November 30, 2021

13 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Dan Efek Sampingnya

13 manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia dan efek sampingnya

Braylapedia.my.id - Madu selain enak dan manis juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh kita dari madu ini diantaranya yaitu bisa memperkuat sel imun tubuh, meredakan peradangan, dan juga mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung hingga kanker. dan lain sebagainya, untuk lebih admin rincikan satu persatu manfaat madu bagi tubuh manusia sebagai berikut.

13 MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan senyawa fitonutrien dan beberapa vitamin yang dimiliki oleh madu ini menjadi antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berlebih pada tubuh. madu juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh karena aktivitas oksidasi yang terjadi pada tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Madu memiliki manfaat sebai anti bakteri dan anti jamur, selain itu kandungan senyawa fitonurien yang dimiliki pada madu dapat berfungsi sebagai penguat sel-sel imun pada tubuh. sehingga hal tersebut dapat memperkecil akan terjadinya resiko penyakit infeksi.

Madu Dapat Meredakan Batuk

Rasa manis pada madu dapat memicu produksinya air liur yang dapat melebabkan tenggorokan dan hal ini dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan sehingga dapat meredakan batuk. kandungan antioksidan pada madu juga berfungsi untuk meredakan peradangan yang memicu batuk.

Khasiat madu untuk meredakan batuk ini telah di teliti dan sudah banyak yang terbukti, sehingga dapat disimpulkan bahwa madu dapat menjadi obat alami untuk meredakan batu bagi orang dewasa dan anak diatas 2 tahun.

Mebantu Mempercepat Penyembuhan Luka Dan Luka Bakar

Khasiat madu untuk mempercepat penyembuhan luka ini sudah sisebutkan oleh banyak peneliti. sehingga madu dan produk yang mengandung madu dapat memabntu mempercepat penyembuhan luka, dikarenakan hal ini dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan membunuh bakteri pada luka. sehingga dapat merangsang untuk pembentukan kulit baru untuk menuntup luka.

Madu yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka hanyalah madu yang telah terjamin kesterilannya. Lukan yang dapat disembuhkan yaitu luka bakar, lecet, dan juga luka diabetes.

 Madu Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa fitonutrien yang dimiliki madu dapat membantu menjaga kesehatan jantung, karena hal ini akan berfungsi melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Beberapa peneliti juga telah membuktikan bahwasanaya madu ini juga dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

 Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sejumlah peneliti telah menyebutkan bahwa madu merupakan prebiotik yang dapat membantu pertumbuhannya bakteri baik di dalam usus. sehingga hal ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan pada tubuh.

Energy Booster

Madu adalah cairan yang kental dan juga manis yang ambil oleh lebah dari nectar bunga. secara nutrisi, dalam satu sendok madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltose, dan sukrosa. Sehingga kandungan yang dimiliki oleh madu tersebut dapat menjadi sumber energy yang baik bagi tubuh. kandungan glukosa dalam madu dapat diserap langsung oleh tubuh sehingga memberikan dorongan energy langsung pada tubuh. Sementara itu, kandungan fruktosa yang ada dalam madu memberikan energi berkelanjutan dikarenakan diserap lebih lambat oleh tubuh. Madu juga dapat menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula yang lainnya.

 Membuat Tidur Makin Nyenyak

Ternyata madu dapat membantu bagi anda yang mengalami kesulitan dalam tidur yang tidak nyenyak. Karena madu dapat membantu melepaskan serotonin pada tubuh dan akan dijadikan menjadi melatonin. Senyawa inilah yang dapat membantu untuk nyenyak dalam tidur. Untuk lebih nikmat dalam mengonsumsinya anda bisa tambahkan satu sendok teh madu kedalam susu hangat ataupun ke dalam secangkir teh hangat.

Menurunkan Tekanan Darah

Dilansir dari Healthline. Bahwasanya madu dapat membantu menurunkan tekanan darah, dikarenakan madu memiliki kandungan senyawa antioksidan. Hal ini sudah di teliti pada manusia dan juga hewan bahwasanya ketika sudah mengonsumsi madu dapat menurunkan tekanan darah.

 Menjaga Kadar Kolestrol

Dari beberapa [enetiliti telah mengungkapkan bahwasanya madu dapat menjaga kolesterol pada tubuh manusia. Dikarenakan madu berfungsi untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 Menurunkan Kadar Trigliserida

Khasiat madu yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar trigliserida. Trigliserida ialah termassuk salah satu jenis lemak jahat yang dapat ditemukan dalam darah. Lemak yang satu ini juga dapat memicu terjadinya resiko penyakit jantung.

 Mengontrol Berat Badan

Madu dapat membantu mengontrol berat badan, dikarenakan madu dapat membantu mengendalikan nafsu makan. dengan mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak.

Menghilangkan Ketombe

Madu juga dapat membantu menghilangkan ketombe, hal ini elah dibuktikan oleh sebuah studi yang telah dipublikasikan pada European Journal of Medical Research Pada ditahun 2001. Dimana studi ini mengungkapkan bahwa madu yang di encerkan dengan air hangat dan aplikasikan kearea yang bermasalah dan diamkan selama 3 jam, dan setelah itu dibilas dengan air bersih. Hasilnya pun yaitu dapat mngurangi rasa gatal dan kerak ketombe dalam jangka waktu seminggu. Tak hanya itu, dalah hal ini madu dapat menyembuhkan kerang dikulit kepala dalam waktu dua minggu dan mengurangi akan rontoknya rambut.

 Baca juga : Beberapa Khasiat Madu Untuk Wajah

EFEK SAMPING

Pada umumnya madu aman dan dan tidak banyak menimbulkan efek samping, akan tetapi madu tidak disarang dikonsumsi bagi bayi yang usianya masih dibawah 1 tahun karena hal ini akan berisiko menyebabkan botulisme.

Botulisme ialah sebuah gejala keracunan dimana dalam hal ini penyerangannya pada saraf tubuh dan berpotensi fatal. Ini juga perlu diperhatikan bagi ibu yang sedang masa hamil yang memiliki masalah pada system pencernaan ataupun penyakit yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga yaitu bahwasanya madu juga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang mengalami masalah alergi terhadap serbuk sari.

 

Perlu diperhatikan juga, ada jenis madu yang perlu diwaspadai yaitu madu rhododendron atau sering dikenal dengan istilah madu gila (mad honey). Madu ini meilik cirri khas yaitu dengan rasanya yang pahit dan madu ini berasal ekstraksi nectar bunga rhododendron.

Madu gila ini memang memilik khasiat tersendiri karena ini memiliki aktivitas antiradical bebas yang tinggi sehingga dalam hal ini dipercaya bahwa madu jenis ini dapat berfungsi sebagai obat hipertensis, obat diabetes, dan penambah gairah seksual. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa madu jenis ini dapat menyebabkan keracunan yang gejalanya meliputi muntah-muntah, diare, nyeri dada, pingsan, bahwkan hingga koma.

 

Malah madu yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tidak usah diragukan lagi. akan tetapi kensumsi madu tidak boleh berlebihan. Dikarenakan cairan ini memiliki kalori dan gula yang cukup tinggi. dan apabila ingin mengonsumsi madu dalam kemasan instan yang perlu anda perhatikan yaitu carilah madu yang sudah terdaftah di BPOM RI.

Apabila anda ingin menggunakan madu untuk pengobatan penyakit tertentu ataupun untuk menyembuhkan luka yang cukup parah, hendaklah berkonsutasi terlebih dahulu kepada dokter demi menjaga keamanan dan efektivitas madu tersebut terhadap keadaan kondisi tubuh anda

No comments: