Tuesday, November 9, 2021

Kandungan dan Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh


Buah alpukat (persea americana) adalah buah tropis atau subtropis yang berasal dari Amerika Selatan.Buah yang satu ini selain enak di konsumsi, ternyata memiliki banyak khasiat, karena kandungan gizi yang dimiliki sangat luar biasa. 

Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, komposisi gizi yang terkandung dalam 100 gram (g) buah alpukat adalah sebagai berikut:


Air: 84,3 g

Energi: 85 Kalori (Kal)

Protein: 0,9 g

Lemak: 6,5 g

Karbohidrat: 7,7 g

Abu: 0,6 g

Kalsium (Ca): 10 miligram (mg)

Fosfor (P): 20 mg

Besi (Fe): 0,9 mg

Natrium (Na): 2 mg

Kalium (K): 278,0 mg

Tembaga (Cu): 0,20 mg

Seng (Zn): 0,4 mg

Beta-Karoten: 189 mikrogram (mcg)

Karoten Total (Re): 180 mcg

Thiamin (Vit. B1): 0,05 mg

Riboflavin (Vit. B2): 0,08 mg

Niasin (Niacin): 1,0 mg

Vitamin C: 13 mg


Alpukat juga memiliki gizi yang paling penting bagi tubuh kita yaitu Folat. Terdapat  sekitar 81 mcg atau setara dengan 0,081 mg folat yang terkandung dalam 100 g alpukat.

Selain itu alpukat juga kaya akan antioksidan, seperti lutein. hal ini terbukti dikarenakan dalam 100 g alpukat terdapat 271 mcg yang setara dengan 0,271 mg lutein.


Berikut ini manfaat Buah alpukat bagi kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah alpukat dapat memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh kita, dan juga memiliki khasiat tersendiri, berikut beberapa khasiat yang dimiliki buah alpukat untuk kebutuhan tubuh kita 


1. alpukat dapat menjaga kesehatan jantung

Kandungan kadar lemak tak jenuh yang tinggi dapat membantu mengurangi kolestrol darah pada tubuh, karena kadar kolestrol tubuh yang terjaga dengan baik akan secara otomatis menjauhkan anda dari terkenanya penyakit jantung.


2. alpukat dapat menurunkan resiko gangguan sindrom metabolik

Sebuah studi dari Nutrition journal menyatakan bahwa "khasiat yang dimiliki buah alpukat dapat membantu menurunkan resiko sindrom metabolik".

yang dimaksud sindrom metabolik adalah segala sesuatu yang dapat memicu resiko terkenanya gangguan kesehatan, seperti stroke, penyakit arteri, diabetes, dan lain sebagainya.


3. alpukat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan

Buah yang satu ini dapat membantu untuk kesehatan pencernaan dan membantu buang air besar secara teratur.

Artikel dalam Johns Hopkins Medicine menyebutkan bahwa "alpukat merupakan makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan". alpukat juga aman untuk lambung, karena a;pukat merupakan yang rendah fruktosa dan tidak menyebabkan penumpukan gas.


4. alpukat dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit

Krim malam. Kandungan vitamin C dan E yang terdapat pada buah alpukat dapat membantu menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


CATATAN

Hati-hati terhadap risiko alergi lateks karena buah alpukat, di balik manfaat baiknya, Anda perlu lebih berhati-hati karena buah alpukat bisa menimbulkan risiko alergi lateks.

Gejala alergi lateks yang ditimbulkan adalah sebagai berikut:

hidung tersumbat,batuk, dan edema.

Jika gejala-gejala di atas Anda alami setelah mengonsumsi alpukat, coba hindari sejenak mengonsumsi buah alpukat. Mengonsumsi buah alpukat memang baik untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, alpukat bisa jadi masalah untuk kondisi-kondisi tertentu.

Sumber : Hallosehat.com

No comments: