Thursday, November 25, 2021

Penyakit Kulit, Macam macam Penyakit Kulit


Penyakit kulit ada beragam bentuk penyebab dan gejalanya, dari yang penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur dan juga bakteri ada juga penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi. gejalanya pun juga ada yang ringan hingga yang berat. Maka  dari itu perlu kiranya untuk mengetahui berbagai macam-macam penyakit kulit tersebut agar mudah dalam penangannanya.

Kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, sinar matahari, membantu suhu pada tubuh, sebagai perasa pada sentuhan, dan juga penghasil vitamin D.

Karena kulit adalah bagian paling luar pada tubuh dan fungsinya sendiri ialah melindungi tubuh dari lingkungan sekitar, baik itu bakteri maupun sinar matahari, jadi tidak jarang pada bagina ini rentan terserang akan masaha atau gangguan yang mungkin akan mengganggu. Penyakit kulit yang menyerang tubuh kita tidak akan terduga dan sebagian dari kita akan menganggap bahwa penyebab dari penyakit kulit ialah faktor dari kebersihan tubuh, padahal tidak hanya itu, masih banyak faktor-faktor yang menyebabkan penyakit kulit tersebut.


Berikut Macam-Macam Penyakit Kulit

1. Penyakit Kulit Karena Peradangan

Peradangan yang terjadi pada kulit bisasa disebut dengan dermatitis. hal ini biasanya terjadi ketika kulit bersentuhan dengan zat sesuatu yang memiliki sifat iritatif atau allergen yaitu zat yang dapat menyebabkan alergi.

Dermatitis sendiri memiliki gejala tersendiri, biasanya gatal, kemerahan, dan bengkak. berikut penyebab dari beberapa dermatitis :

Dermatitis Kontak Iritan

Dermatitis Kontak iritan ini biasanya ditandai denga munculnya ruam, kulit kering, iritasi, atau lepuh pada bagian area kulit yang bersentuhan dengan zat iritan (Seperti alcohol, bahan kimia, pemutih baju, detergen).

Dermatitis Kontak Alergi

Dermatitis Kontak Alergi merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bersentuhannya kulit dengan benda yang mengandung alergen (bahan kimia, cat kuku, kosmetik, sarung tangan lateks, protein, ataupun perhiasan), biasanya ditandai dengan kulit kemerahan, dan bengkak.

penyakit kulit yang satu ini hanya terjadi bagi mereka yang memiliki alergi. tapi pada orang yang normal ini tidak akan berpengaruh.

Dermatitis Atopik (eksim)

penyakit kulit yang satu ini yaitu biasanya terjadi pada bagian leher, lipatan siku, atau bagian belakang lutut. penyakit yang satu ini biasanya ditandai dengann kulit merah, gatal, kering, atau bersisik, penyakit ini apabila digaruk kulit kering akan mengelupas dan mengeluarkanjargang

Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroit ini gejalanya yaitu berupa kulit yang kemerahan dan bersisik, biasanya ini terjadi pada kulit yang berminyak seperti wajah, punggung, dan dada. Apabila ini terjadi pada kepala akan mengakibatkan terjadinya ketombe yang membandel, dan apabila terjadi pada bayi bisanya disebut dengan cradle cap.

2. Penyakit Kulit Karena Kelainan Autoimun

Ketika system kekebalan tubuh menghancurkan jaringan tubuh yang sehat, maka saat itulah terjadinya gangguan autoimun. inilah beberapa penyakit yang disebabkan oleh gangguan autoimun :

Psoriasis

Hal ini terjadi karena menumpuknya sel-sel kulit yang tumbuh terlalu cepat, sehingga membentuk bercak kemerahan yang disertai dengan sisik berwarna merah merak.

Vitiligo

Vitiligo ini terjadi dikarenakan sel yang memproduksi melanin (pigmen yang berwarna gelap) tidaklah berfungsi, sehingga kulit kehingan akan warnanya dan akan muncul bercak-bercak putih. Hal ini terjadi pada semua kulit, dan biasanya akan lebih terlihat jelas pada orang yang kulitnya berwarna gelap.

Skeroderma

Skeroderma ini bisa saja menyerang kulit, tetapi juga akan menyerang pada bagian pembuluh darah. biasanya kulit menjadi keras dan menebal.

Pemfigus

Pemfigus ini ada dua jenis, yaitu Pemfigus vulgaris dan Pemfigus foliaceus. Pemfigus Vulgaris ini biasanya ditandai dengan adanya lepuhan yang mudah pecah tetapi tidak gatal pada kulit. Pemfigus foliaceus ini ditandai dengan kulit bersisik ataupun berkerak dan juga lepuhan kecil yang terasa gatal jika dipecahkan.

Discoid Lupus Erythematosus

Jenis penyakit kulit yang satu ini gejalanya yaitu meliputi ruam pada bagian kulit yang cukup parah ketika terkena paparan sinar matahari. Ruam dapat muncul dibagian manapun, tetapi hal ini lebih sering terjadi pada bagian kulit kepala, leher, wajah, tangan, dan kaki.

3. Penyakit Kulit Karena Infeksi

Biasanya penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi ini cenderung menular, dikarenakan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

Infeksi Bakteri

Penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini diantaranya yaitu seperti Bisul, Impetigo, Kusta, Folulitis (infeksi yang terjadi pada kelenjar rambut), dan Selulitis.

Infeksi Jamur

Untuk penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur ini biasanya diakibatkan keadaan kulit yang sering lembab. penyakit yang muncul diantaranya yaitu Kurap, Tinea cruris (infeksi jamur pada selangkangan), Panu, Kutu air (infeksi jamur yang terjadi pada kaki).

Infeksi Parasit

Yang terkahir ini infeksi kulit yang disebabkan karena infeksi parasit, beberapa faktor yang mengakibatkan ini semua yaitu karena adanya parasit seperti kutu, dan tungau. Hal ini akan mengakibatkan munculnya penyakit kulit seperti kudis. selain dari parsit diatas ada juga penyebabnya yaitu adalah adanya infeksi cacing yang dapat jga menyebabkan penyakit kulit.

Itulah beberaha hal yang perlu diketahui menganai seputar penyakit kulit yang disebabkan oleh beberapa faktor, disamping itu perlu anda ketahui bahwa penyakit kulit yang merupakan hal yang paling serius, yaitu kanker kulit. Hal ini terjag=di dikarenakan pertubuhan sel ganas pada kulit. Itulah sedikit pengetahuan yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat.

No comments: