Thursday, February 24, 2022

Tentukan Jam Makan Yang Tepat Untuk Tubuh Tetap Ideal

 

Braylapedia.my.id - Menentukan waktu pola makan memanglah sangat penting, karena agar organ pada tubuh bisa memenuhi tugasnya masing – masing dengan gizi yang sudah terpenuhi.  Sehingga hal tersebut dapat membantu kelancaran aktifitas dan kegiatan sehari – sehari. Berikut beberapa waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan agar tubuh tetap ideal dan kesehatan tetap terjaga :

1.      SARAPAN SEBELUM JAM 9 PAGI

Kenapa sarapan begitu penting bagi tubuh kita..? Kerena setelah semalaman tubuh kita beristirahat disitulah perut akan menjadi kosong, jadi itulah alasannya mengapa sarapan sangat dianjurkan. Sarapan merupakan hal yang terpenting bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan energy di siang hari pada saat beraktivitas. Yang diibaratkan seperti kendaraan yang membutuhkan sebuah bahan bakar untuk bisa melaju.

 

Ø  Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan di pagi hari memiliki manfaat tersendiri yang tersimpan, diantaranya yaitu :

·      Membantu tubuh gara terlindungi dari berbagai macam penyakit.

·      Membantu untuk lebih fokus.

·      Bisa membantu menurunkan berat badan.

·      Dapat meningkatkan Mood

·      Memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Ø  Efek Buruk Jika Telat Sarapan

Melewatkan sarapan di pagi hari ternyata dapat menyebabkan hal yang buruk bagi tubuh, karena pada saat semalaman tubuh beristirahat perut kita dalam keadaan kososng. Jadi apa saja hal yang buruk yang akan kita dapati :

·      Akan mudah mengalami perubahan berat badan.

·      Perut akan cepat terasa lapar.

·      Hormon stres akan meningkat.

·      Akan banyak kalori yang terbakar ketika berolahraga.

·      Akan mengakibatkan daya ingat melemah atau cepat pikun.

 

Ø  Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan

Dikutip dari salah satu website yang mebahas tentang kesehatan, dijelaskan bahwa menurut kementrian kesehatan republic Indonesia bahwa berikut inilah beberapa contoh makan sehat yang baik untuk sarapan :

·      Setangkup roti + telur mata sapi + sayuran + susu

·      Nasi goreng + telur dadar + sayuran

·      Bubur ayam + pisangLontong sayur + telur + buah

·      Nasi uduk + ayam goreng + buah

·      Mi goreng + telur + buah

 

2.      NGEMIL YANG SEHAT DI JAM 10 PAGI

Ternyata ngemil juga mempunyai efek yang baik juga tapi sesuai dengan aturannya, agar meskipun ngemil tapi tubuh tetap ideal dengan ngemil camilan yang sehat dan juga bergizi, jangan asal ngemil ya biar tubuh tidak menjadi gemuk dan menjadi tidak sehat.

 

Ø  Manfaat Ngemil Sehat

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat jika ngemil camilan yang sehat :

·      Dapat mengurangi rasa lapar

·      Membantu menjaga gula darah tetap stabil

·      Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh

·      Dapat membantu mengurangi perut keroncongan

·      Membantu tubuh menjadi pulih ketika sudah berolahraga

 

Ø  Faktor Yang Harus Diperhatikan Memilih Camilan Sehat

Ada beberapa faktor yang perlu kiranya untuk diperhatikan untuk memilih ngemil yang sehat yaitu :

·      Biasakan untuk baca informasi nilai gizi di label makanan

·      Hindara makanan yang menggunakan guka sebagai bahan utama

·      membagi porsi camilan seseuai dengan kebutuhan dan simpan sisanya

·      Pilihlah camilan dengan kadar kalori yang bisa memuaskan tubuh

·      Konsumsilah camilan yang rendah akan lemak dengan serat ataupun air yang yang banyak

·      Batasi makanan dan minuman yang mengandung gula

·      konbinasikan karbohidrat dan protein sehingga perut terasa kenyang lebih lama

 

3.      MAKAN SIANG SEBELUM JAM 2 SIANG

Makan siang sangatlah dibutuhkan bagi tubuh ketika tubuh melakukan aktivitas full pada pagi hari. sehingga energy pada tubuh menjadi berkurang. Makan siang memiliki mafaat yang besar bagi kesehatan tubuh dan tingkat kefokusan kita dalam melakukan setiap aktivitas.

 

Ø  Manfaat Makan Siang Tepat Waktu

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat ketika rutin menyempatkan waktu untuk makan siang :

·      Membantu melepas stres ketika bekerja

·      Menjaga sirkulasi darah agar tetap lebih baik

·      Mendapat tambahan vitamin

·      Membantu meningkatkan konsentrasi otak

 

Ø  Efek Tidak Makan Siang

Ada beberapa hal buruk yanga akan kita dapat jika kita mengabaikan untuk makan siang.

·      Melalaikan makan siang dapat menyebabkan akan tubuh kekurangan asupan nutrisi sehingga berat badan cepat menyusut dan bahkan menjadi kurus

·      Metobolisme menjadi terganggu

·      Menyebabkan gangguan pada kinerja otak, sehingga sering merasakan pusing dan tidak fokus

 

Ø  Menu Makan Siang Yang Sehat

            Berikut beberapa menu makan siang sehat yang bisa anda coba :

·      Sup

·      Gado – Gado

·      Nasi Goreng

·      Sayur Asam

·      Pancake

 

4.      NGEMIL CAMILAN SEHAT PAD JAM 4 SORE

      Ngemil merupakan suatu yang waajar, tetapi ketika kita ngemil dalam jumlah yang berlebihan bukan menjadikan tubuh menjadi sehat akan tetapi berdampak buruk pada tubuh kita, alangkah baiknya ngemil secukupnya, dan pilihlah camilan yang rendah akan lemak.

 

5.      MAKAN MALAM SEBELUM JAM 8 MALAM

Waktu yang disarankan untuk makan malam adalah kisaran jam 19.00, atau jam 17.00 – 18.00 sekiranya berjarak 3 jam sebelum tidur. karena pada saat itu tubuh mempunyai banyak waktu untuk mencerna makanan dan menyerap metabolisme dalam tubuh sebelum tidur.

 

Ø  Efek Samping Makan Terlalu Malam

Pada malam hari tubuh manusia akan mengistirahatkan organ - organ guna untuk mempersiapkan diri untuk tidur. Maka dari itu jika mengonsumsi makanan terlalu malam akan mengakibatkan efek yang kurang sehat terhadap tubuh.

·      Berat badan menjadi naik

·      Dapat meningkatkan gula darah

·      mengakibatkan kenaikan asam lambung

 

Ø  Tips Makan Malam Sehat

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk makan malam yang sehat :

·      Selalu konsumsi makan yang sehat dan bergizj

·      Perhatikan dan hindari makanan yang mempengaruhi asam lambung naik

·      Makanlah dengan porsi yang sesuai

·      Hindarilah makan sambil nonton TV

Mudah - mudahan bermanfaat bagi sahabat - sahabat semua terlebih lagi bagi sahabat -sahabat yang sedang menjaga tubuh tetap ideal atau sedang menjalani proses diet. Salam Admin..

No comments: